Labels

abang (1) abroad (3) Aceh (7) arca (7) Argopuro (1) budget (2) catper (11) curcol (1) family (2) friendship (5) hiking (3) indonesia (1) info (1) island (5) itinerary (1) jacob (6) Jawa Tengah (1) Jawa Timur (1) Jogja (1) Kepulauan Seribu (4) kuliner (1) lombok (2) love (5) moment (5) mountain (2) notes (27) on the road (1) Pallawa (1) Philippines (2) pictures (27) quote (3) religious (1) Rinjani (1) Semeru (1) song (2) soul (1) Sulawesi Selatan (2) thougt (1) trip (6) vietnam (7)

Thursday, June 16, 2011

Berbagi Ketika Traveling

Sebagai backpacker sejati yang selalu ingin traveling dengan budget yang seminimal mungkin (tapi nyaman), kadang kita juga akan melihat sisi sosial yang akan menumbuhkan jiwa yang mengikhlaskan sebagian rejeki kita untuk orang lain.

Contoh kasus :
1. beli souvenir tanpa nawar kepada nenek2 yang jualan, karena harganya masih masuk akal
2. naek bentor atau ojek tanpa nawar, karena harganya masih masuk budget
3. memberi tips lebih karena service memuaskan, dll

Jadi aku sangat kaget ketika guide-ku di Rinjani menelpon dan bercerita tentang temanku yang memotong uang harian dia sebagai guide untuk uang makan, sehari tiga kali...

Aku sangat kecewa, tak kusangka temenku itu begitu.

Dia yang :
1. gayanya selangit di ibukota
2. ngetrip selalu dengan gank highclass
3. baik secara material kepada temenku yang laen, setahuku temenku yang laen itu kaya padahal
dll yang notabene tak bisa diduga kalau 'perlakuan'nya kepada orang yang 'kurang' begitu...

Sejak saat itu, tiap ada yang komen atau minta cp guide rinjani, aku selalu bilang, uang makan jangan diitung ya, dan kalau ada tolong kasih uang ojek mereka untuk pulang..
Lega sekali bisa bilang itu ke setiap teman yang butuh mereka.

Dan alhamdulillah, kejadian tersebut tidak terulang lagi, karena setiap porter dan semua CP Rinjaniku lagi nemenin teman-temanku, mereka akan menelponku : porter, angkot, mobil...

Nikmatnya, walaupun yang kulakukan hanya menulis nmr telpon mereka dimana-mana, tapi senang sekali ketika mereka menelpon dengan gembira bilang 'lagi bawa temen umi ni!'.

No comments:

Post a Comment